DKLH Kebagian Bersih-ersih Gorong-gorong

Jember – Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup (DKLH) bersama Dinas PU (Pekerjaan Umum) dan Kantor Pengairan, mendapat jatah untuk membersihkan gorong-gorong di seputar kota. Tidak hanya gorong-gorong saja, saluran air yang lain juga menjadi sasaran kebersihan tim satu ini.

Kepala DKLH Jember, H. CH. Havid Setyadi,, membenarkan gerakan tim tiga unit kerja tersebut. Menurutnya menjelang musim hujan tiba, pihaknya bekerja sama sengan kedua unit kerja lain seperti DPU dan Pengairan bakal melakukan pembersihan gorong-gorong.

“Meski tidak terkait dengan nyamuk demam berdarah, gorong-gorong menjadi target utama, karena kita tidak ingin ada timbul banjir disana-sini,” ujarnya. Yang pada akhirnya bisa mengakibatkan musibah susulan yakni penyakit muntaber atau yang lain.

Pembersihan tersebut sudah dimulai oleh DPU dengan membongkar box culvert di depan Pendapa Wahyawibawagraha. “Dimana menurut PU disitu tempat penyaringan saluran air yang menyempit, mungkin sudah sekian tahu tidak dibersihakn ada penyumpabatan,” jelasnya.

Selain itu tim bakal meninjau saluran lain yang diindikasikan mengalami penyumbatan atau pendangkalan. “Jadi tidak hanya dilakukan pembersihan kotoran saja, tetapi juga dilakukan pengerukan kalau memang ada penumpukan dan pendangkalan,” imbuhnya.

Sayangnya Havid belum bisa menyebutkan titik mana saja yang bakal dibersihkan dan normalisasi salurannya. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan