Pemkab Kembali Galakkan Jumat Bersih

Jember – Gerakan Jumat bersih yang pernah dilakukan jajaran Pemkab Jember beberapa waktu lalu akhirnya kembali digalakkan. Pasalnya memasuki musim hujan ini sudah mulai timbul kasus demam berdarah, meski belum membawa korban jiwa.

Menurut Wakil Bupati Jember, Kusen Andalas, usai mengumpulkan pejabat di jajaran Pemkab Jember, Kamis (16/10), gerakan Jumat bersih harus kembali digalakkan.

“Karena dengan gerakan bersih-bersih lingkungan secara gotong royong tersebut ternyata cukup efektif dilakukan untuk mencegah merebaknya demam berdarah,” ungkapnya.

Jumat bersih menurut Kusen merupakan bagian dari gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Hal senada juga disampaikan Humas Dinas Kesehatan Jember, H. Yumarlies SH, menurutnya pada akhir 2008 ini mulai timbul kasus demam berdarah.

“Sudah ada 11 kasus yang timbul diakhir-akhir ini, jadi PSN sangat diperlukan,” ujarnya. Namun Yumarlies berharap kepada seluruh masyarakat Jember untuk tidak berpangku tangan dan menunggu aparat petugas saja.

Seharusnya setiap ada gerakan jumat bersih atau kegiatan kebersihan lain, masyarakat bahu membahu untuk turut membersihkan lingkungan. “Khususnya di genangan air bersih dimana tempat berkembang biaknya nyamuk Aedes Aegypty,” imbuhnya.

Gerakan ini menurutnya bakal kembali dilakukan pada Jumat (17/10) besok. Dilakukan secara serempak di seluruh wilayah kecamatan yang ada di Jember dengan disertai semua pejabat yang ada. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan