PMB Jaring Caleg Muda dan Bersih, PPP Anti Korupsi

Ket. Foto : Ketua Umum PMB, Imam Addaruqutni.

Jember – Hampir seluruh partai yang ada di Jember saat ini sedang mempersiapkan berkas-berkas calon legislatif (caleg)-nya. Demikian halnya dengan Partai Matahari Bangsa (PMB). Partai berlambang matahari merah pimpinan Imam Addaruqutni ini juga sedang sibuk mempersiapkan kader-kader mudanya untuk maju menjadi caleg.

“Kami persiapkan mayoritas kader muda dan bersih, karena itu syarat utama yang menjadi amanat Rapimnas pertama PMB di hotel Sahid Jaya, pada tanggal 25-27 Juli lalu,” ujar Ketua Imarah PD PMB Jember, Suryanto Wibowo usai mengikuti rapat kerja di KPU Jember, Senin (4/8/2008).

Menurutnya pernyataan tersebut bukan hanya isapan jempol belaka, karena sebelum diajukan menjadi caleg tetap oleh PMB dan disetorkan ke KPU. PMB menetapkan semua caleg harus menandatangani kontrak politik antara caleg dengan parpol.

“Kita sebagai partai baru kalau nantinya menghasilkan caleg seperti partai lama, itu sama saja tidak ada artinya, harus beda, yang utama yaitu bersih,” imbuhnya.

Tidak jauh beda dengan PMB, partai lama seperti Partai Persatuan Pembangunan (PPP) juga terkesan bersih-bersih. H. Mansur salah satu tim rekrutmen caleg dari partai berlambang Ka’bah ini menegaskan bahwa semua caleg yang maju melalui PPP harus kontrak politik anti korupsi.

“Itu harga mati bagi partai kami saat ini, kalau siap kontrak anti korupsi ya kita berangkatkan, kalau tidak ya jangan dulu lah,” ujarnya.

Dengan begitu menurut Mansur, kompetisi di partain ya akan berjalan dengan sehat, dan konstituen bakal semakin menaruh kepercayaan kepada PPP. Mansur juga menolak dikatakan partainya sedang bersih-bersih karena imbas dari sejumlah kasus yang menimpa anggota DPR RI.

“Lepas ada kasus atau tidak, kami tetap sepakat untuk mempersiapkan caleg yang anti korupsi,” imbuhnya. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan