Besok Jember Gelar MQK Tingkat Propinsi


Jember - Bersamaan dengan berbagai event kegiatan Bulan Berkunjung ke Jember (BBJ) di Jember sebulan penuh, kembali Jember mendapat atensi dari provinsi Jawa Timur (Jatim) untuk menyelenggarakan MQK (Musabaqoh Qur’an Al Kutub) ke II se-Jatim yang diselenggarakan mulai besok Selasa, tanggal 5 hingga 8 Agustus 2008 di Pondok Pesantren Darul Hikmah.

Pada pembukaan MQK II yang bakal dihadiri oleh Gubenur Jatim Imam Utomo, dan sejumlah rombongan seperti Direktur Pendidikan Diniyah dan Kanwil Depag. Rencananya di meriahkan dengan sejumlahpeserta dari beberapa kabupaten/kota.

“Sekitar 1.216 peserta bakal mengikuti pembukaan hingga penutupan,” ungkap Yusfi Hadi Sekretaris Panitia MQK.

Menurut Yusfi, dalam lomba kali ini akan dipertandingkan 13 jenis lomba baik untuk kalangan usia ula, wustho dan ulya. Beberapa kategori dalam 13 jenis lomba tersebut diantaranya usia maksimal 15 tahun meliputi fiqh ula, lughah ula, akhlag ula.

Kedua, dengan katagori usia 16-18 tahun meliputi fiqh wustha, tafsir wustha, hadis wustha, lughah wustha, akhlag wustha. Ketiga, figh ulya, tafsir ulya, hadits ulya, lughah ulya dan akhlaq ulya.

Sementara itu menurut Kepala Depag Jember H. Chusnul Arifin, keberhasilan MQK II ini merupakan salah satu kepercayaan dari pemerintah provinsi. “Jember dibanding dengan Surabaya yang paling siap menjadi tuan rumah, apalagi kemarin Jember berhasil menyelenggarakan MQK I tingkat kabupaten di Rambipuji kemarin merupakan uji cobanya,” terangnya.

Dengan pelaksanaan MQK di Jember saat ini, pada tahun 2009 mendatang, Kabupaten Jember diprediksi akan mendapatkan kepercayaan sebagai tuan rumah MTQ se-Jatim lagi. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan