Konflik Politik Akibatkan Kesadaran Berbangsa Menurun

Jember – Adanya konflik yang bernuansa kepentingan politik ternyata mengakibatkan turunnya kesadaran berbangsa. Hal ini ditegaskan oleh Kepala Bakesbang Linmas Jember, Drs. Sudjak Hidayat dikantornya, Jumat (8/8/2008).

Sudjak menjelaskan pernyataannya tersebut mendasar, sehingga beberapa waktu lalu diadakan kegiatan rakor kesadaran berbangsa se-jawa Timur di Jember.

“Pada waktu itu Pemerintah Kabupaten / Kota se-Jatim diminta lebih bersinergi dan bekerja sama sharring program dan informasi terkait masalah aktual, terkait isu strategis nasional dan daerah. Karena turunya kesadaran berbangsa berawal dari konflik kepentingan, seperti poltik,” jelasnya menirukan pernyataan Asisten Teritorial Kodam V Brawijaya, Letkol. Inf. Rahmat Pribadi.

Menurut Sudjak Kodam berharap agar nantinya pasca rakor tersebut, masing-masing daerah berpartisipasi dalam menjaga keutuhan bangsa melalui pemahaman kesatuan bangsa dalam masyarakat.

”Karena kita berkepentingan untuk menjaga agar iklim dan suasana yang kondusif tetap berlangsung dalam masyarakat, sehingga penyelenggaraan pemerintahan dapat berjalan dengan baik,“ harapnya.

Masyarakat perlu terus-menerus diberikan pemahaman akan kesadaran berbangsa dan bernegara untuk tetap kokohnya NKRI, karena semua ini sangat besar manfaatnya dalam rangka peningkatan kecerdasan dan wawasan masyarakat dan juga peningkatan SDM-nya.

Apalagi saat ini Jember sedang gencar menjaring investor, sehingga stabilitas keamanan diminta tetap dijaga. Sudjak juga menjelaskan bahwa TNI selama ini berkepntingan untuk mempertahankan NKRI, sesuai dengan amanat UU RI No. 34 Tahun 2004 bahwa setiap operasi militer TNI membantu pemerintah.

“TNI sebagai pertahanan negara harus tangguh menjadi penangkal ancaman eksternal. Namun tetap dibutuhkan kerjasama menyeluruh semua komponen bangsa, sehingga diminta untuk mengesampingkan kepentingan politis tertentu dan lebih mengedepankan kepentingan bangsa dan negara,” imbuhnya. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan