Ketika Dunia Sudah Rusak, Yang Tinggal Hanyalah Plastik


Ket. Foto : Nampak Peragaan Busana yang bermotif plastic dan suasana Under Sea

Jember – Inti dari tema JFC ke-7 kali ini adalah world evolution, dimana dunia ini mulai mengalami kerusakan karena ulah manusia dengan keserakahannya. Sehingga dari 9 defile yang paling menonjol yakni defile Off Earth.

Menurut Devirra, salah satu peserta JFC, tema Worl Evolution dengan sub tema Off Earth adalah menggambarkan ketika dunia atau bumi ini sudah hamper punah. “Dimana mahluk hidup sudah tidak berdaya dan nyaris punah, tumbuh-tumbuhan yang sudah tidak ada, demikian juga dengan hewan, maka tinggalah plastic-plastik berserakan,” tuturnya.

Sehingga dengan sub tema Off Earth semua peserta yang tergabung dalam sub tema tersebut berbusana plastic. Nampak mulai dari alas kaki, gaun, hiasan badan lain hingga mahkota semuanya terbuat dari plastic.

Dengan sub tema seperti ini dikandung maksud mengingatkan kepada semua masyarakat penonton yang menyaksikan JFC untuk kembali tersadarkan betapa pentingnya, menyelamatkan bumi dari kerusakan.

Di sisi lain pada defile yang berbeda namun tak kalah menonjol jika dibandingkan dengan defile lainnya, yakni defile dengan sub tema Methamorpic. Dimana sub tema ini berusaha menjelaskan kepada khalayak bahwa dalam proses kerusakan dunia ada dua hal yang bergejolak dan selalu mewarnai kehidupan sehari-hari.

“Yakni, dua sisi yang berbeda dan bertolak belakang, namun tampil bersamaan, yakni sisi baik dan sisi buruk,” imbuhnya.

Pada defile Methamorphic, ada gambaran sisi pembunuh, namun di sisi lain ada gambaran sisi penolong. Dalam menggambarkan sub tema ini para peserta menggunakan busana dengan bahan berbagai macam kardus, gabus, kain dan lain sebagainya.

Kedua sub tema tersebut lebih menonjol karena sesuai dengan tema utama, jika dibandingkan dengan defile yang lain yang hanya mengangkat suasana bawah laut atau Under Sea dan tentang akar atau roots serta pasukan pengaman dunia dengan tema Baricade. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan