Quick Count BAru Bisa Dilihat Malam

Bondowoso – Pemkab Bondowoso yang juga mengadakan penghitungan cepat atau quick count belum bias dilihat siang ini. Hal ini disampaikan Bupati Bondowoso, Mashoed, menurutnya malam baru bias diketahui.

Karena penghitungan yang didahulukan adalah hasil Pilgub, setelah itu baru Pilbup. Namun pihaknya sudah menginstruksikan kepada 20 camat di jajarannya untuk memantau hasil coblosan Pilbup dan melaporkan ke Pendapa. “Disini sudah ada tim yang menerima laporan tersebut,” tuturnya.

Meski Pemkab mengadakan penghitungan cepat namun hasil resmi yang sah tetap ada pada KPUD Bondowoso. “HAsil yang sah secara hokum tetap ada pada KPU, kami hanya ingin tahu saja perkembangan secara cepatnya,” imbuh Mashoed usai memantau sejumlah TPS di kotanya.

Metode yang dikembangkan para camat tersebut beraneka ragam. Ada yang menggunakan handphonenya dengan sms jumlah suara di kecamatan masing-masing. Ada juga yang langsung menggunakan telepon dan diterima oleh petugas di pendapa, dan ada lagi yang menggunakan handy talkie.

Di sisi lain berbeda dengan Jember, jika di Jember respon masyarakatnya rendah terhadap Pilgub, di Bondowoso sedikit berbeda. Meski belum ada data pasti berapa angka golput, tetapi hasil pantauan di lapangan di sejumlah TPS nampak lebih ramai dibandingkan dengan yang ada di Jember.

Seperti contohnya di TPS 3 desa Maesan, warga yang menyalurkan suaranya hamper 100 %, demikian juga di sejumlah dimana para cabup dan cawabup menyalurkan suaranya, rata-rata diatas 70%.

Hari ini pasangan cabup Salwa Arifin menyalurkan hak pilihnya di desa tangsil kecamatan Wonosari dan pasangannya cawabup Imam Thahir di desa Sukowono kecamatan Tamanan.

Sementara cabup nomor 3, Misnan dari Partai Golkar di TPS des Kademangan kecamatan Kota dan cawabupnya Sobri Wasil Ghozali di Wonosari kecamatan Kota. Sedangkan cabup nomor 4, Irwan BAchtiar di BAdean kecamatan Kota, dan cawabupnya Huzaini Efendi di Kota Kulon kecamatan Kota. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan