Musim Panen Maju, Seperti 10 tahun Silam

Jember - Musim panen padi di Jember naga-naganya bakal maju dari jadwal. majunya musim panen kali ini karena jadwal turun hujan yang juga maju. "Ini seperti sepuluh tahun lalu, berbeda dengan tahun lalu, kalau tahun lalu mundur sekarang ini justru maju, jadi petani harus mempersiapkan segala sesuatunya," ujar Kadisperta Jember, Ir. Harry Widjayadi.

Petani menurut Harry betul-betul harus mempersiapkan diri, khususnya untuk yang baru saja tanam atau melakukan pembibitan. Karena musim hujan sudah turun sehingga dikhawatirkan tanaman yang masiih muda terancam ambruk. Atau bahkan pembibitan rusak.
"Intinya petani harus bersabar dan meyongsong datangnya musim hujan ini sebagai tanda baik," imbuhnya.

Selain itu Harry menghimbau kepada petani untuk mempersiapkan massa panen disaat musim hujan tiba. KArena dengan panen serempak di musim hujan bisa merusak harga dan kualitas padi yang dipanen.

"Petani harus mempunyai lumbung padi sendiri, supaya harga pasca panen tetap bagus, kalau langsung dijual harga dipastikan anjlok," tuturnya lagi.
Hal senada juga disampaikan salah satu pengusaha beras asal Kaliat, Kamil Gunawan, menurutnya petani tidak boleh mengandalkan menjual gabahnya usai panen. Karena kalau semua petani menjual hasil panennya maka harga dapatdipastikan anjlok.
LAin dengan metode disimpan terlebih dahulu dan baru dijual ketika harga bagus. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan