Puskesmas dan Polres Kewalahan LAyani Caleg

Jember – Mendekati hari H pengembalian formulir pendaftaran calon legislative (caleg) dari 31 partai yang ada di Jember. Petugas di sejumlah Puskesmas dan Polres Jember mulai kewalahan melayani permohonan surat keterangan sehat dan keterangan kelakuan baik atau SKCK.

Meski tidak terlalu panjang antrian nampak di loket pengambilan formulir SKCK di satuan IPP Polres Jember. Puluhan caleg setiap jamnya nampak antri dengan sabar mengambil formulir dan melakukan sidik jari serta test interview.

Kasat IPP Polres Jember, AKP. Suyono, membenarkan banyaknya pemohon SKCK untuk persyaratan menjadi caleg tersebut. “Karena pembuatan SKCK harus dating sendiri, pemohon harus diambil sidik jarinya dan mengisi formulir sebenar-benarnya melalui interview, sehingga terlihat banyak,” ujarnya.

Namun Suyono sudah menghimbau kepada sejumlah stafnya untuk mempercepat proses pembuatan SKCK. Namun sejumlah caleg yang nampak di halaman Mapolres Jember mengaku agak kesal karena SKCK tidak bias langsung jadi.

“Tadi semua formulir yang sudah diisi dan sidik jari kami hanya diterima saja dan kami suruh kembali lagi besok atau dua hari lagi, tergantung kapan jadinya SKCK tersebut,” ungkap Moh. Hasan salah satu caleg.

Namun bagi pemohon SKCK yang bukan caleg bias ditunggu dan langsung jadi. Bahkan ada sejumlah pemohon yang tidak melalui prosedur juga bias langsung membawa SKCK barunya.

Sedangkan untuk caleg rata-rata memerlukan waktu 2 sampai dengan 3 hari. Berbeda dengan sejumlah Puskesmas yang melayani permohonan keterangan sehat jasmani dan rohani dari caleg.

Puskesmas lebih sigap dan trengginas melayani pemohon sehingga tidak timbul antrean panjang. Seperti yang terlihat di Puskesmas Sumbersari, meski banyak yang dating, namun semua terlayani dengan cepat sesuai dengan jadwal kedatangan ke Puskesmas.

Yang dating lebih dahulu langsung dilayani, dan dilanjutkan dengan yang baru dating. Selain itu biaya yang dikenakan di Puskesmas juga tidak mahal, namun sesuai dengan Perda. Berbeda dengan yang ada di Polres Jember. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan