Dinsos Latih Ketrampilan Penyandang Cacat

Jember - Selama satu Bulan sejak tanggal 13 Juli sampai 13 Agustus 2008, hari ini sekitar 30 Penyandang Cacat Jember telah dilatih Kewirausahaan oleh Dinas Sosial Jember. Pelatihan tersebut dilaksanakan di Liposos (Lingkungan Pondok Sosial) Kaliwates Jember bekerjasama dengan Persatuan Penyandang Cacat (Perpenca) Kabupaten Jember.

Pelatihan yang baru dilaksanakan pertama kalinya dilaksanakan di Jember tersebut. Menurut Drs. Putut Siswo, Kabid Rehabilitasi Sosial Dinsos Jember, terbagi menjadi 3 kelompok.

Kelompok pertama yaitu 10 orang dilatih ketrampilan Bordir, 10 orang dilatih ketrampilan Sablon dan 10 orang dilatih ketrampilan Servis Handphone (HP) dengan instruktur yang sudah berpengalaman.

Hasil pelatihan menurut Putut cukup bermanfaat. “Ternyata bisa dan bahkan 3 siswa yang dilatih ketrampilan Bordir telah direkrut perusahaan Bordir di Jember, sebelum pelatihan selesai,” jelasnya.

Pelatihan tersebut menurutnya juga tidak hanya sebatas pelatihan saja, namun pihaknya juga memberikan bimbingan dan pemantauan perkembangannya, sehingga diharapkan peserta bisa lebih maju dari sebelumnya.

Sementara itu, Plt Ka. Dinas Sosial Kabupaten Jember, Ir. Mahfud Efendi, menegaskan bahwa pelatihan yang diberikan tersebut membuktikan bahwa penyandang cacat mempunyai kesempatan yang sama.

Senada dengan Mahfud, slah satu peserta pelatihan, Ragil juga menegaskan bahwa selama ini penyandang cacat dipandang sebelah mata. Padahal menurutnya penyandang cacat mempunyai kemampuan yang tidak kalah berkualitas dibandingkan dengan yang normal. “Beri Kami Kesempatan, Kami akan Buktikan,” tuturnya. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan