Angkat HArta Karun Dengan Minyak Wangi

Modus Penipuan Baru

Jember – Ada ada saja, ulah warga Kelurahan Tukang Kayu, Banyuwangi Kota ini. P Eko, dan Kasiman, bekerja sama dan terlibat aksi penipuan dengan modus mengiming – imingi korban agar mau membeli minyak wangi seharga Rp 70 juta yang menurutnya bisa digunakan menganggkat benda – benda di perut bumi termasuk tambang emas, dan tambang minyak.

Keduanya, mengaku hanya disuruh oleh seseorang yang berasal dari Solo. Tapi, setelah mendapat hasil Rp 70 juta itu, keduanya terlena karena terus melakukan aksinya. Hingga suatu ketika mengajak M Nur Shodikin, salah seorang guru ngaji di Jl Basuki Rahmat, Tegalbesar Jember ini.

Dari situ, M Nur Shodikin, termakan rayuan keduanya. Dengan janji manis bisa mendapat uang segitu besarnya, Rp 70 juta, tersangka yang mengaku guru ngaji ini mengajak dan menarik beberapa santrinya.

Alhasil, beberapa orang berhasil dikelabui. Minyak wangi buatan orang Solo ini dipromosikan sebagai minyak asal negeri seribu satu malam Iraq, sehingga bertuah. Karena mahal, tak banyak yang berani membeli.

“Sebotol harganya mahal memang mas. Rp 7 juta,” ujar P Eko, dan Kasiman, usai diborgol polisi, Jumat (15/8/2008).

Kepada polisi, ketiga orang tersangka ini mengakui semua perbuatannya. Tapi, dia mengaku tidak tahu menahu dalam kasus ini. Dia hanya disuruh seseorang di Solo, dan menjualkan barangnya. Soal terbukti dan tidaknya, atau manjur tidaknya dia tak mengerti.

“Saya hanya disuruh, Pak. Saya hanya diberi ongkos Rp 300 ribu,” ujar Kasiman, yang menyesal seumur – umur dan mengaku kapok berbisnis itu lagi.

Ipda Wahyu Sulistyo, Kaur Binops Reskrim Polres Jember, mengatakan kedua orang asal Banyuwangi itu dijemput dari rumahnya. Sedang Nur Sodikin, dijemput di Jember saja. Ketiganya lantas dikroscekkan keterangannya, dan mengaku. Korban pelapor dalam kasus ini, adalah berinisial AT, salah seorang pengusaha asal Kaliwates Jember.

“Dia malu, dipublikasikan. Inisialnya, AT. Kerugiannya sekitar Rp 70 juta,” ujar Ipda Wahyu Sulistio. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan