PKB Belum Berniat Ajukan PAW

Jember – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jember hingga hari ini belum memutuskan pengajuan PAW bagi almarhum KH. Abdus Shomad Jalil. Karena menurut Sekretaris PKB, Ayub Junaidi, PKB Jember masih dalam situasi berduka.

Selain itu PKB merasa gamang untuk melakukan proses PAW. Karena melihat pengalaman proses PAW sebelumnya yang berbulan-bulan tidak tuntas. “Seperti contohnya proses PAW yang menggantikan almarhum Masykur Majid, hingga saat ini saja tidak bisa selesai,” sesalnya.

Padahal massa jabatan anggota dewan sebentar lagi bakal selesai. Meski demikian nantinya PKB tetap bakal menjadwalkan pembahasan atas proses PAW tersebut.

Hingga hari ini PKB mengalami kekosongan pada dua jatah kursinya. Kedua kursi tersebut semuanya ada di Komisi D. dan dua anggota dewan yang meninggal tersebut sama-sama dari daerah pemilihan 6.

Menanggapi hal ini Ketua KPU Jember, Sudarisman SS, menyatakan bahwa KPU sejak awal tidak berniat untuk menghalang-halangi proses PAW PKB. Namun karena melibatkan sejumlah instansi baik itu DPRD Jember, Bupati Jember dan Gubernur Jatim, maka terlihat prosesnya lama.

“Namun jika semua berkas sudha masuk ke KPU, maka KPU tidak bakal melakukan penghambatan,” imbuhnya.

Karena sesuai tupoksi, KPU hanya akan melakukan verifikasi bakal calon penggantinya saja. Lain-lain itu merupakan kewenangan lembaga lain di luar KPU. “Jadi ngak aada kata kami hambat proses PAW,” tegasnya. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan