Pelayanan PDAM Lambat, Pelanggan Dirugikan

Jember – Sejumlah pelanggan PDAM mengeluhkan pelayanan perusahaan daerah yang mengurusi kebutuhan air bersih warga Jember tersebut. Pasalnya hingga saat ini tariff pasang baru PDAM bervariasi dan jangka waktu pemasangan juga lama, bahkan mencapai berbulan-bulan.

Salah satu pelanggan PDAM yang dirugikan, Budi M, warga jalan Kartini menegaskan, bahwa hingga saat ini rumahnya belum terpasang meter PDAM yang baru.

“Padahal saya sudah bayar untuk pasang baru pada awal bulan juli lalu, tetapi kenyataannya hingga saat ini belum dipasang,” ujarnya.

Budi mengaku sudah membayar Rp. 700 ribu untuk pasang baru saluran air miliknya. “Pada waktu itu saya tanya katanya satu minggu paling lama bakal dipasang, ternyata sudah satu bulan lebih tidak terpasang juga,” imbuhnya.

Pelanggan lain Suryani, warga Bumi Kaliwates Jember, juga menyatakan bahwa PDAM tidak mempunyai patokan jelas berapa lama proses pemasangan dan besarnya biaya pasang baru.

“Dalam lingkungan perumahan saya saja, besarnya biaya bervariasi, ada yang Rp. 600 ribu, 700 ribu dan saya sendiri dikenakan Rp. 1,2 juta,” ungkapnya. Selain itu petugas PDAM juga sering meninggalkan pekerjaan di jalan atau dirumah pelanggan sebelum selesai pengerjaannya.

Suryani mencontohkan, waktu petugas mengganti meter PDAM dirumahnya, hasil bongkaran meter tidak dikembalikan seperti semula. Sehingga halaman rumahnya rusak hingga saat ini.

Sayangnya hingga Selasa sore, Dirut PDAM Jember, Taufan, tidak berhasil dikonfirmasi. Menurut sejumlah stafnya, Taufan tidak berada dikantor karena ada tugas lapangan. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan