Peternak Diharapkan Bisa Jadi Produsen Pupuk

Jember - Peternak di Jember baik yang beternak sapi ataupun kambing diharapkan mampu menjadi produsen pupuk organik. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Jember, Ir Dalhar usai meninjau peternak binaannya di sejumlah kecamatan, Kamis (11/12).

Karena menurut Dalhar pihaknya sudah berusaha membantu sekitar 20 kelompok peternak binaan pada 2 tahun belakangan ini dengan berbagai peralatan pembuatan pupuk organik.

"Alat atau prasarana yang sudah kita bantukan kepada mereka diantaranya pembuatan bak penampungan kotoran, fermentor dan lainnya," jelasnya.

Sejumlah kelompok tani ternak binaannya tersebut tersebar di kecamatan Kencong, Gumukmas, Sumberjambe. "Diantara mereka yang paling bagus sekarang ini di Kencong, kelompok yang disana sudah mampu memporduksi pupuk rganik dan memasarkannya melalui jaringan kelompok taninya," imbuh Dalhar.

Dengan begitu diharapkan petani akan mampu mengatasi kelangkaan pupuk yang hingga saat ini masih saja terjadi. Sehingga tahapan penanaman padi tidak terganggu dan massa panen yang akan datang masih bisa dipetik dengan kalitas maupun kuantitas yang tidak jauh berbeda dibawah tahun 2008 lalu. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan