ADD Tidak Cair, Wabup Salahkan Kades

Jember – Belum cairnya Anggaran Dana Desa (ADD) puluhan desa, di Kabupaten Jember ternyata membuat Wabup Jember Kusen Andalas tidak terlalu ambuil pusing. Justru Wabup menylahakn Kepala Desa (Kades)-nya.

Menurut Wabu Kusen, tidak cairnya ADD lebih dikarenakan tidak akurnya Kades dengan BPD. Sehingga setiap ada proses administrasi yang harus dilalui justru terhambat karena tidak ada tanda tangan dua-duanya.

“Seringkali antara Kades dan BPD selalu berseberangan, sehingga ini menghambat pembangunan desa, jadi Kades harus bias menetralisir itu,” ujarnya.

Sementara itu pihak Kades mengaku dipersulit oleh Pemkab Jember. Kades mencontohkan Pemkab terlalu rumit memberikan persyaratan kepada pihak desa yang bakal mencairkan ADD.

Sejumlah persyaratan yangs ulit dipenuhi KAdes diantaranya yakni lunasnya PAjak Bumi Bangunan (PBB). Dan beberapa syarat lain seperti belum adanya petunjuk atau bimbingan membuat APBDes.

Di sisi lain seperti pelunaasan PBB dan pembuatan APBDes menurut Pemkab Jember, sudah tidak kurang-kurang melakukan pembinaan. “Kami sudah sering kali memberi bimbingan dan pembinaan tentang pembuatan APBDes, serta bagaimana manrik PBB dari masyarakat,” jelas KAbag Pemdes, Drs. SOebandi.

Namun karena sejumlah perangkat desa seperti KAdes dan BPD-lah menurut Soebandi yang tidak memperhatikan dan melaksanakan dengan baik. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan