PKK Himbau Kurangi Konsumsi Beras

Jember - PKK dan Dharma Wanita sebagai salah satu organisasi yang peduli akan kesejahteraan keluarga, mulai melakukan kegiatan riil terkait dengan bidang pangan. Kali ini PKK menghimbau kepada anggotanya dan masyarakat untuk mulai mengurangi konsumsi beras.

Program tersebut bakal dilaksanakan bersamaan dengan Program Tebar Tanam yang akan dimulai 1 Desember 2008 serentak di seluruh Indonesia . Sebagai tindaklanjut dari instruksi Presiden untuk mengurangi konsumsi beras di masyarakat.

Ketua Tim Penggerak PKK, Dharma Wanita Persatuan, GOW dan Perwosi se-Bakorwil III Malang , Ny. Ani Achmad Basuki, mengatakan bahwa masalah pangan bukan hanya tanggung jawab pemerintah tapi juga masyarakat.

Sehingga program mengurangi konsumsi beras ini menjadi tanggungjawab bersama. “Selama ini kebutuhan pangan di Indonesia hanya bertumpu pada produksi beras saja., padahal negara ini memiliki jumlah penduduk besar, produksi beras yang ada dikhawatirkan tidak seimbang dengan jumlah penduduknya,” ujarnya.

Program ini bertujuan untuk diversifikasi pangan. Kebutuhan karbohidrat dapat diganti dengan bahan pangan lain. Bahan pangan lain yang tergolong higienis dan organic diantaranya adalah makanan asli Indonesia yang tidak mengandung pengawet atau pestisida.

Sehingga sebagai pengganti beras masyarakat diminta menanam umbi-umbian atau buah-buahan termasuk pohon sukun di pekarangan rumah. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan