Selamatkan Sumber Air, Warga Darsono Tanam 25 ribu Sengon

Ket. Foto : 25 ribu Bibit Sengong yang bakal ditanam.

Jember - Sejumlah warga berencana menggelar aksi Penyelamatan Sumber Mata Air yang terletak di dusun Teratai Desa Darsono Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember. Pasalnya sumber tersebut mampu mengaliri berhektar-hekatr sawah di wilayah tersebut.

Langkah yang ditempuh warga yakni dengan menanam bibit sengon dan mahoni setelah datangnya musim hujan tahun ini. “Ini sebagai upaya agar keberadaan Sumber Mata Air di desa ini tetap terjaga, sehingga persediaan air untuk warga dapat terus terpenuhi,” ujar Djakiyah seorang Penyuluh Kehutanan Penyelia dari Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Jember Rabu (22/10).

Salah satu upaya mencegah terjadinya lahan kritis. Untuk itu Djakiyah bersama warga melakukan sejumlah langkah. Dimana pertama kalinya berupa penanaman kembali pada tanah-tanah yang gundul, baik dalam kawasan hutan (reboisasi) maupun diluar kawasan hutan.

Kedua, dengan pembuatan teras pada lahan-lahan yang letaknya miring agar aliran permukaan diperlambat, disertai dengan saluran pembuangan air, sehingga erosi dapat terkendali.

Ketiga, pembuatan gully plug/gully drop untuk menampung lumpur yang terkikis oleh percikan air dari aliran permukaan dan saluran pembuangan air. Selanjutnya, dilakukan pembuatan bendungan pengendali untuk menghimpun air dan kemudian menyalurkannya untuk berbagai keperluan.

“Dan yang terakhir warga dengan beberapa tokohnya melakukan pemantapan organisasi dalam kelompok tani masing-masing,” ujarnya.

Dikatakannya untuk menggelar aksi itu, sedikitnya dibutuhkan 25 ribu bibit, baik berupa bibit sengon maupun bibit mahoni, sebanyak 20 ribu diantaranya akan disediakan oleh Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Jember dan sisanya akan diusahakan oleh masyarakat sendiri.

“Semua kegiatan ini atas inisiatif dan permintaan warga di desa ini, sehingga pengerjaannya juga akan banyak melibatkan warga di dua dusun tersebut,” katanya.(RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan