LSM Desak RSUD Bertanggungjawab

Mala Praktek

Jember - Dugaan mala praktek yang menimpa honorer (rollstaat) di RSUD dr Soebandi bagian Keuangan ini langsung mendapat perhatian serius dari beberapa kalangan terutama dari Aliansi Rakyat Miskin (ARM) pimpinan Andik S, dan Isma HR, dari Medical Corruption Watch (MCW) Jatim perwakilan Besuki di Jember.

Menurut Andi, bahwa wadir pelayanan medis dr Bagas Kumoro, harus bertanggungjawab terhadap semua kejadian pelayanan yang tak beres di rumah sakit dr Soebandi selama ini. ARM tidak ingin kejadian yang menimpa Rohimatus, warga Jl dr Soebandi terjadi lagi karena akibat kran air macet tidak ada air di toilet, pasien diare ini mengalami keguguran.

“Kita meminta kepada dr Bagas Kumoro, untuk segera melakukan langkah – langkah. Karena semua penanganan itu atas tanggungjawab wadir pelayanan medis. Soal dokter yang menangani , tentu saja menjadi pertimbangan sendiri di internal RSUD,” ujar Andi.

Di sisi lain, Isma HR, dari MCW meminta agar pelayanan umum dan medis di RSUD diperbaiki. Analisis kesehatan, observasi harus benar – benar diperhitungkan. Sehingga akibat fatal tidak terjadi. Dia menghargai jerih payah dari dokter yang menyelamatkan pasien karena kode etik. Tapi, jika pelayanan di RSUD secara sistemik tidak baik atau mengalami ketimpangan akan berakibat kepada yang lain.

“Ya pihak yanmed harus tanggap dan segera meresponnya. Sudah tiga hari tidak sadar ini, harus segera diambil tindakan,” ujar Isma.

Di lain tempat sumber di RSUD sendiri menegaskan bahwa kasus itu kini sedang dalam penanganan serius pihak RSUD dan menjadi perhatian petinggi rumah sakit tersebut. Tapi, menurut sumber ini kenapa baru dirapatkan setelah 3 hari tidak sadarkan diri. Bahkan saking repotnya pihak RSUD akan menganggarkan dana khusus untuk membantu penanganan pasien Elok.

Sementara itu, wadir pelayanan medis dr Bagas Kumoro, tak berhasil dikonfirmasi. Termasuk dr Endang Makruf SpOG, yang menanganinya. Menurut sumber di RSUD dokter ahli kandungan ini buka praktek malam di Jl PB Sudirman di Klinik Margi Rahayu. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan