BPKP Beri Bekal Pejabat Pemkab

Ket. Foto: Perwakilan dari BPKP Jatim di Jember, Yusron SE, MM.

Jember - Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur di Jember selama ini telah aktif mendampingi aparatur pemerintah dalam membangun sistem Tata Kelola Keuangan Daerah melalui Pendampingan dan Asistensi Kegiatan Pengembangan Manajemen Pemerintahan dan Pembangunan sejak dari tahap perencanaan, penatausahaan sampai pelaporan keuangan.

Namun BPKP menganggap hal tersebut masih kurang, sehingga perlu terus dilakukan Diklat atau pembekalan kepada jajaran pejabat di lingkup Pemkab Jember. “Hal ini sebagai upaya BPKP mendukung Pemkab Jember yang mempunyai kewajiban secara terus menerus berpartisipasi dalam mewujudkan kepemerintahan yang baik (Good Governance),” tutur salah satu perwakilan BPKP Jatim yang hadir dalam Diklat di jember, Yusron SE, MM, Kamis (23/10).

Menurut Yusron, pihaknya menyadari bahwa kerjasama selama ini masih belum memenuhi harapan teramsuk dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang menunjukkan masih adanya masalah dalam pelaporan dan pertanggungjawaban keuangan daerah.

Pihaknya bersama tim akan terus berupaya menciptakan nilai tambah melalui pembangunan kapasitas pengelola keuangan daerah serta kapasitas pengguna anggaran daerah.

Yusron juga menambahkan untuk mewujudkan cita-cita tersebut perlu adnaya pemberdayaan pengawasan intern Pemkab yaitu Badan Pengawas sebagaimana diamanatkan dalam PP No 60 Tahun 2008, tanggal 28 Agustus 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP).

Diantaranya APIP wajib menciptakan dan memelihara lingkungan pengendalian, mengidentifikasi dan menilai resiko, melakukan kegiatan pengendalian, dan menjalin informasi dan komunikasi serta melakukan pemantauan pengendalian intern.

“Pembinaan yang dilakukan meliputi penyusunan Pedoman Teknis penyelenggaraan SPIP, sosialisasi SPIP, Pendidikan dan Pelatihan SPIP, dan Pembinaan dan Konsultasi SPIP serta peningkatan kompetensi auditor APIP, “ ujarnya. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan