BLT Tahap Kedua Siap Dicairkan

Jember - Pencairan Dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap II (kedua, Red) untuk Rumah Tangga Sasaran (RTS) se Kabupaten Jember siap dicairkan oleh PT Pos Indonesia Jember September 2008 ini.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Sosial Drs. Suhanan, M.Pd dalam rakor pelaksaanaan pencairan dana BLT di Dinas Sosial, Kamis (11/9).

Menurutnya, pembayaran BLT dilakukan di tiap Kecamatan dan dijadwalkan Kantor Pos terhitung mulai 13 – 22 September 2008 di balai Desa / Kelurahan.

Suhanan menyatakan bahwa dalam pencairan dana BLT pada prinsipnya Kantor Pos siap mencairkan dana BLT sebanyak 237.413 RTS di seluruh wilayah Kabupaten Jember. Dan RTS hasil verifikasi melalui rembug desa ada 22.734 RTS yang belum bisa dicairkan karena kartu susulan BLT belum turun dari PT Pos Indonesia Pusat.

“Kami upayakan kartu BLT turun lebih cepat sehingga bisa dicairkan sebelum hari raya, tapi bila belum selesai, terpaksa dicairkan setelah hari raya,” papar Suhanan.

Ia menandaskan, karena pencarian BLT kali ini bertepatan dengan bulan puasa, maka koordinasi yang baik antara Muspika, Kepala Desa/Kelurahan dan kantor Pos perlu ditingkatkan agar suasana tetap kondusif dan menekan gejolak di masyarakat.

“Dan bagi warga penerima usia lanjut dan cacat, diminta didahulukan,” paparnya.

Selain itu, akan ditambah loket dan petugas pelayanan agar tidak menimbulkan antrean panjang.

Kadinsos mengatakan peserta PKH di 11 Kecamatan (Jombang, Kencong, Balung, Rambipuji, Sukorambi, Kaliwates, Patrang, Arjasa, Kalisat, Pakusari dan Mayang) dipastikan pula tetap mendapat BLT.

“Jangan sampai kita mengambil hak orang lain, kalau perlu maka memberi kepada orang tak mampu,” ujarnya.

Pencairan BLT di tiap Desa / Kelurahan akan dipantau oleh UPP (Unit Pelaksana Program) BLT RTS dan setiap usai kegiatan harus segera melaporkan kepada Bupati Jember tembusan ke Kadinsos.

“ Ada hal penting lagi di bulan September ini. Yaitu BPS akan mendata Program Perlindungan Sosial (PPLS) untuk jadi acuan program penanggulangan kemiskinan dan ini harus ada pantauan dari perangkat desa setempat agar tepat sasaran,” ujarnya.

Kepala Kantor Pos Jember, Adi Sunanto mengatakan bahwa jadwal pelaksanaan pembayaran BLT Kabupaten Jember yakni tanggal 13 September meliputi Kecamatan Balung, Puger, Gumukmas ; 14 September (Ledokombo, Sumberjambe, Sukowono, Kalisat), 15 September (Semboro, Kencong, Jombang, Umbulsari) ; tanggal 16 September (Bangsalsari, Rambipuji) ; 17 September (Patrang, Panti, Sukorambi) ; tanggal 18 September (Jelbuk, Arjasa) ; tanggal 19 September (Silo, Mayang) ; tanggal 19 September (Silo, Mayang) ; tanggal 20 September (Sumbersari, Pakusari, Kaliwates) ; tanggal 21 September (Ambulu, Wuluhan, Tempurejo, Mumbulsari, Jenggawah, Ajung) dan 22 September (Kecamatan Tanggul, Sumberbaru).

Ada sebanyak 1.310 RTS yang belum mencairkan BLT tahap lalu. Sehingga pencairan yang akan datang diminta membawa kartu BLT untuk mencairkan Rp 700 ribu sebagai rapelan sedang pencairan BLT tahap 2 ini tiap RTS akan mendapat Rp 400 ribu. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan