Pembangunan Infrastruktur Jalan Untuk Kemudahan Masyarakat

(Infokom) Jember - Seiring dari berbagai pembanguanan infrastrutur yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Jember tidak hanya pengembangan energi kelistrikan ditempuh lewat pengembangan listrik perdesaan berupa Jaringan Tegangan Menengah (JTM) maupun Jaringan Tegangan Rendah (JTR) dan mengembangkan pemanfaatan energi alternatif.

Program perbaikan rumah kurang layak huni tidak luput dari sentuhan Pemerintah Kabupaten Jember mulai tahun 2006 sampai dengan tahun 2008 banyak perbaikan rumah layak huni tersebar di semua kelurahan dan desa di 31 kecamatan di Kabupaten Jember.

Namun infra struktur lainnya juga digarap oleh Pemkab Jember lewat perbaikan kondisi jaringan jalan dan jembatan. Selama kurun waktu tahun 2005 sampai dengan tahun 2007telah mengalami peningkatan kualitas. “Kondisi jalan yang rusak, baik rusak ringan maupun rusak berat telah diperbaiki sepanjang 327,73 km,”ungkap Bupati Jember MZA Djalal.

Sedangkan dari jenis permukaan aspal menurut Bupati Jember dari tahun ke tahun semakin bertambah 338,14 km. “Di mana pada tahun 2005 hanya sepanjang 1.222,16 km meningkat lagi pada tahun 2007menjadi 1.560,30 km,”tambahnya.

Lain dengan kondisi jembatan di Kabupaten Jember menurut Djalal juga mengalami peningkatan kualitasnya. “Pada tahun 2005 terdapat sejumlah 318 buah jembatan yang berada dalam kondisi baik dan pada tahun 2006 meningkat lagi menjadi 338 buah. Demikian juga pada tahun 2007 meningkat menjadi 349 buah,”cetusnya.

Sejalan dengan meningkatnya sarana jalan tersebut dan dalam rangka kenyamanan pengguna jalan, serta upaya untuk mengurangi angka kecelakaan. “Pemerintah Kabupaten Jember secara rutin dari tahun ke tahun telah melaksanakan kegiatan itu termasuk pengecatan marka jalan serta pemeliharaan traffic light dan rambu-rambu lalu lintas,”jelas Djalal.

Tidak hanya itu sasaran yang diinginkan terhadap pembangunan sarana jalan dan pembangunan dengan fasilitan jalan lainnya. “Namun diharapkan dengan itu dapat meningkatkan akses ekonomi di perdesaan sehingga memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan sekaligus untuk menekan angka kriminalitas.,”pungkas Djalal.

Sementara itu menurut dinas teknis yang menangani pembangunan jalan seperti Dinas Pekerjaan Umum pelaksanaan pembangunan jalan di wilayah Kabupaten Jember terus akan berjalan. “Demi peningkatan perekonomian masyarakat
Jember pemerintah akan melakukan pembanganan jalan dan jembatan di Jember,”jelas Kadis PU Jember Juwarto.

Tentunya dalam pembangunan jalan dan jembatan di Jember menurut Juwarto akan sangat terkait dengan aggaran yang disediakan oleh APBD. “Kekuatan dana di APBD kedepan sangat menentukan sekali dengan pembangunan jalan dan jembatan yang akan dibangun,”tandas Juwarto.

Pembangunann jalan dan jembatan di Jember pihaknya sangat komitmen sekali terhadap sektor itu. “Sampai betul-betul jalan dan jembatan di wiliyah Jember benar-benar baik,”tambah Juwarto. (*/jok)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan