Raskin JAdi Ajang Kampanye, Kasun Diprotes Warga

Jember – Kepala Dusun (Kasun) Curahcabe, Desa Gambirono, Kecamatan Bangsalsari, Budiono, diprotes warga. Pasalnya, Budiono yang sudah habis masa jabatannya diduga tetap membagikan raskin kepada warga miskin untuk kepentingan kampanye sebagai cakades (calon Kepala Desa).

Dia diidentifikasi warga sedang mencalonkan diri sebagai cakades dalam Pilkades yang sebentar lagi digelar dalam bulan Nopember ini. Melihat kenyataan itu, sejumlah warga, dan tokoh pemuda masyarakat setempat memprotesnya.

“Seharusnya, wewenang itu sudah harus diberikan kepada Wakasun setempat. Tapi, ternyata Kasun Budiono, masih tetap “merebut” kewenangan Wakasun untuk membagi – bagikan beras kepada warga, sehingga diprotes banyak orang,” ujar Pj Kades H Muhammad Amir.

Ungkapan Kades tersebut juga dibenarkan tokoh pemuda setempa, H. Budi, pihaknya menyesalkan tindakan itu, dan mendesak kepada Kades untuk bersikap tegas. Selain itu, warga juga akan melaporkan kasus itu ke panitia Pilkades agar menjadi catatan tersendiri dan menyebarkan kepada warga agar tidak memilih Budiono.

Warga juga menemukan adanya unsur manipulasi pembagian raskin dengan cara memperbanyak warga penerima di luar data yang ada. Sehingga jatah warga penerima yagn sudah terdata itu dikurangi jatahnya, menjadi 5- Kg-an. Biasanya mereka mendapat 15- hingga 20 Kilo-an. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan