Sapi Rembangan Terus Dikembangkan

Jember - Dinas Peternakan dan Perikanan Jember terus berupaya menggairahkan kembali usaha sapi perah di kawasan Rembangan. Pasalnya, areal wisata rembangan yang sudah ada sejak lama, menurut Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan, Ir. Dalhar, bakal lebih semarak jika budidaya sapi perah di lokasi tersebut semakin dikembangkan.

Sehingga tahun ini pihaknya masih berkonsentrasi pada pembibitan sapi perah. Apalagi semenjak dipercayakan kepadanya, jumlah sapi perah yang ada sudah terus bertambah.

“Dulu saat serah terima dari pengelola ke Dinas Peternakan dan Perikanan hanya tersisa 7 ekor, hingga saat ini sapi perah ini mampu berkembangbiak menjadi 36 ekor sapi,” tuturnya.

Jika pembibitan pada tahun 2009 ini berjalan sukses, maka dapat diprediksi keepan potensi susu rembangan bakal meningkat. Pasalnya mulai saat ini sudah banyak tawaran yang diajukan dari pabrikan susu kemasan kepada Dinas Peternakan dan Perikanan Jember.

“NAmun karena kami belum mampu memenuhi permohonan tersebut maka untuk sementara ini focus dulu ke pembibitan,” imbuhnya.

Dalhar mengungkapkan, tawaran ini merupakan peluang bagi para peternak sapi perah di Jember agar bisa menghasilkan produksi susu untuk memenuhi kebutuhan.

Dia berharap kesejahteraan peternak sapi perah bisa meningkat seiring dengan peningkatan produksi susu. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan