Produksi Kakao Jember Menurun

Jember – Produksi kakao Jember semakin hari semakin menurun saja. Padahal sebelumnya Jember merupakan penompang utama produksi kakao Indonesia yang dikirim ke Amerika dan eropa.

Kepala Kantor Penelitian Kopi dan Kakao Jember, DR. Surip Mawardi menyatakan bahwa saat ini produksi kakao Kab. Jember cenderung menurun.

“Produksi kakao dari PTP saat ini tidak banyak, hanya sekitar 5.000 ton saja, sedang yang lainnya dari kakao perkebunan rakyat, sehingga total produksinya adalah sekitar 600 ribu ton,” ungkapnya.

Dirinya menyayangkan kondisi yang terjadi saat ini, pasalnya hampir seluruh Negara pemasok kakao di dunia juga sedang mengalami penurunan. Untuk itu pihaknya berupaya keras untuk turut meningkatkan produksi dalam negeri.

Apalagi bukan hanya permintaan luar negeri saja yang terus meningkat. Namun juga permintaan dalam negeri. Dengan begitu, jika produksi mampu meningkat, maka bakal mampu mendatangkan devisa Negara maupun PAD bagi kabupaten Jember.

“Apalagi sampai saat ini kualitas kakao yang diincar pasar dunia sebagian besar berasal dari Indonesia,” imbuhnya. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan