Hujan Terus Turun, Warga Diminta Waspada

Jember – Debit curah hujan yang masih tinggi akhir-akhir ini, membuat sejumlah pejabat wilayah di Jember was-was. Seperti hujan yang turun semalam cukup deras sehingga rasa khawatir akan timbulnya banjir bandang muncul. “Kami terus emnghimbau pada warga kami yang tinggal di daerah aliran sungai (DAS), untuk berhati-hati,” ujar Camat Silo, Ir. Heru Eko Sunarso.

Pasalnya, warga yang menetap di bantaran sungai atau sekitar DAS di kecamatan Silo menjadi santapan empuk banjir bandang yang tiba-tiba terjadi. “Seperti beberapa hari lalu itu, datangnya pada malam hari, sehingga warga sebaiknya lebih berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaannya,” tuturnya.

Selain mengeluarkan himbauan, Heru bersama aparat yang ada ditingkat Kecamatan terus melakukan sosialisasi untuk menghadapi bencana yang sewaktu-waktu terjadi. Semua ini dilakukan untuk mengurangi korban akibat bencana tersebut.

Di sisi lain Heru juga mengaku bangga kepada warga Silo yang sudah berinisiatif membuka dapur umum dan posko, meski tidak terkena bencana. Warga yang membuka posko dan dapur umum tersebut bertujuan menolong warga lain yang sedang tertimpa musibah bencana banjir.

Sehingga warga tidak terlalu bergantung pada bantuan dari Pemkab Jember, yang datangnya cukup terlambat.

Sementara itu warga Desa Pace kecamatan Silo yang tidak terkena benccana, sampai hari ini juga masih turut mengungsi karena takut terkena bencana banjir susulan. "Saat ini, kami mengungsi dulu karena khawatir terjadi banjir dan longsoran,” kata Mulyadi warga Pace. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan