Tangkis Jebol, Kerugian Capai 10 Miliar

JEmber – Pasca banjir bandang yang menimpa kecamatan PAnti, Rambipuji, Tanggul dan Kencong, kerugian yang diderita Pemkab Jember dan masyarakat diperkirakan mencapai Rp. 10 miliar.

Padahal akibat banjir sebelumnya kerugian sudah mencapai sekitar Rp. 12 miliar. “Kerugian sekitar 10 miliar tersebut akibat dari jebolnya tangkis di KRaton Kencong dam sejumlah infrastruktur lain yang rusak akibat banjir akhir minggu kemarin,” ungkap ASisten Ekonomi Pembangunan Pemkab JEmber, Edy Budi Susilo.

Selain tangkis sepanjang 50 meter jebol, sejumlah jembatan juga rusak dan putus. Belum lagi plengsengan-plengsengan yang tersebar di sepanjang sungai Tanggul dan Bedadung.

Hal ini bertambah parah ketika sejumlah ruas njalan juga turut rusak berat akibat tergerus banjir. “Pemkab masing menghitung pasti angka kerugian tersebut, dan berencana kembali membangunnya,” ujarnya.

Namun untuk dalam waktu dekat ini, Edy menegaskan bahwa langkah yang efektif adalah menangani korban bencana terlebih dahulu dan membuat tangkis sementara. Untuk infrastruktur jalan lain masih dalam tahap perencanaan.

Dan jika memungkinkan maka bakal dilaksanakan pada tahun anggaran 2009 ini. “Tergantung kesiapan dana dari sejumlah unit kerja,” imbuhnya. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan