Ratusan Hektar Sawah di Jember Selatan Kebanjiran

Jember – Sekitar seratus hekatr lebih areal persawahan yang baru saja ditanami bibit padi di wilayah Jember Selatan mulai Senin (29/12) dini hari hingga Senin sore ini masih terendam air. Sejumlah sawah yang sudah tidak terlihat lagi tanaman padinya tersebar di daerah desa Kesilir, Lojejer, Wuluhan kecamatan Wuluhan, sebagian keil kecamatan Ambulu dan Jenggawah, serta Kencong.

Akibat tergenangnya areal persawahan tersebut dengan air luapan sungai Puger, Bedadung dan Tanggul, diprediksi petani mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah. “Bagaimana tidak saya untuk tanam padi 1 hektar saja, sudah keluar uang sekitar Rp. 2,5 juta,” ujar salah satu petani Lojejer, Husni saat ditemui di sawahnya yang terendam air.

Itupun menurut Husni sawah yang ditanaminya tidak sewa tetapi tanah milik sendiri. Biaya Rp. 2,5 juta tersebut merupakan biaya awal saat menanam, mulai dari membajak atau mengolah tanah, kemudian menanam bibit padi serta membersihkan areal dari hama seperti keong mas atau kul.

“Itu baru sampai tahap itu belum pupuk dan yang lainnya, saya sendiri sekarang tanam padi 5 hektar, dan semua amblas kena banjir, seperti sampean lihat nggak ada bibit yang selamat, padahal baru saya tanam 3 hari lalu,” keluhnya dengan terbata-bata.

Pengamatan beritajatim.com, dari sejumlah lokasi terkena banjir tersebut yang paling parah ada di Lojejer Wuluhan, arus air yang menggenangi sawah masih cukup deras, sehingga tingkat kerusakan cukup tinggi.

Lokasi persawahan yang hampir berbatasan dengan pantai Puger tersebut memiliki tinggi sama dengan saluran air menuju pantai, sehingga air tidak bisa dihadang lagi meluap ke semua areal persawahan.

Mananggapi hal ini, Kadisperta Jember, Ir. Harry Widjayadi, menyatakan bahwa lokasi persawahan disejumlah daerah tersebut memang menjadi langganan banjir. Dan dirinya tidak mampu berbuat banyak. Meski begitu, Harry mengaku bakal berkoordinasi dengan Dinas Pengairan untuk melakukan survei ke lokasi. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan