Simulasi Pemilu di Penca Sukses, Kesalahan 3 %

Jember – Acara sosialisasi dan simulasi yang dilakukan Pimpinan Daerah Partai Matahari Bangsa (PD PMB) Jember bersama 100 penyandang cacat (penca) naga-naganya berjalan sukses. Pasalnya tingkat kesalahan yang ada hanya sekitar 3 % saja.

“Padahal mulai awal masih banyak yang bingung, namun setelah KPU datang dan simulasi dimulai ternyata banyak yang cepat faham,” ujar Ketua Panitia, Moh Zaenuri SE, yang juga Sekretaris Perpenca Jember, usai acara yang digelar di aula MAN 1 Jember pagi ini, Minggu (22/2).

Menurut Zainuri hasil evaluasi dari acara tersebut diantaranya dengan penghitungan suara. Pada saat penghitungan suara ada 2 surat suara kosong tidak dicontreng atau dicoblos, dan satu lagi suara tidak sah karena contrengan yang salah.

“Ini cukup bagus, karena teman-teman penca tadi langsung memahami apa yang disosialisasikan oleh KPU,” imbuhnya.

Pada acara sosialisasi dan simulasi tersebut, anggota KPU Jember, Moh. Eksan, menegaskan kalau pencontrengan atau pencoblosan hanya boleh satu kali. “Tidak boleh lebih dari satu kali, hanya satu kali pada nama caleg atau nama partai,” ujarnya.

Sementara teknik mencontreng bisa dengan 5 cara, diantaranya mencontreng sendiri atau biasa di sebut mencentang atau cawang. Kedua dengan menyilang, ketiga dengan mencoret seperti garis lurus, keempat mencoblos dan yang kelima seperti mencontreng tetapi tidak sempurna, seperti garis miring.

“Kelima teknik tersebut boleh dilakukan, namun diusahakan mencontreng saja, kalau tidak ya nggak apa-apa tetap sah suaranya,” imbuhnya.

Dari hasil evaluasi acara tersebut menurut Zaenuri, hampir semua peserta sosialisasi dan simulasi sudah bisa mencontreng. “Hanya mungkin fasilitas saja yang dibutuhkan oleh teman-teman penca, supaya tidak ada halangan untuk memberikan hak suaranya nanti di Pemilu 2009,” imbuhnya. (RI-1)

Tidak ada komentar:

Kotak Surat

Nama
E-mail
Pesan